Review

Pada bahan materi tentang lanskap hutan dan implikasinya pada penduduk lokal contoh kasus mengambil dari kehidupan orang rimba di wilayah selatan Sumatra. Orang rimba yang terbiasa dari masa leluhurnya hidup di hutan sebagai pemburu dan peramu pada era Orde Baru harus menghadapi perubahan berupa privatisasi lahan oleh swasta atas izin pemerintah. Hutan tidak lagi bebas diakses oleh orang rimba karena sudah menjadi milik negara dan dikelola oleh swasta. Prasetyo (2016) menjelaskan bahwa orang rimba mempunyai resistensi dalam menghadapi perubahan ini. Resistensi itu disebut tacit resistance, yaitu perlawanan secara diam-diam.
            Perlawanan secara diam-diam tersebut dapat berupa pencurian sawit, pencurian tanaman dan makanan dari desa, dan memblokir jalan. Selain masalah perlawanan, dampak dari deforestasi hutan juga berbeda antara orang rimba dengan orang desa (Malays). Orang rimba menganggap bahwa hutan adalah miliknya sedangkan orang desa menentang pendapat orang rimba, menurut orang desa hutan tidak dimiliki oleh siapapun dan pemerintah bersama swasta berhak untuk mengolahnya. Perbedaan pendapat ini terjadi karena bagi orang rimba, hutan adalah tempat satu-satunya untuk mencari makan dan berbudaya sedangkan tidak demikian dengan orang desa yang pandangannya cenderung mirip dengan swasta dan pemerintah yang menganggap bahwa hutan harus diolah supaya menghasilkan keuntungan atau profit. Perbedaan wilayah tempat tinggal menyebabkan perbedaan kebudayaan dan perspektif, bahkan pertentangan.
            Dalam menengahi pertentangan untuk mengurangi konflik, pemerintah memberikan berbagai kebijakan untuk orang rimba berupa perumahan untuk tinggal menetap. Namun tinggal menetap juga bukan solusi yang tepat karena orang rimba mendapat berbagai stigma yang negatif dari orang desa, seperti pencuri, keras kepala, bodoh, dsb. Meski begitu, usaha ini harus tetap dilakukan, perubahan orang rimba menuju seperti orang desa lainnya membutuhkan waktu dan strategi yang mencukupi. 
Share:

3 komentar:

  1. Senangnya menjadi orang rimba ya, nggak banyak pikiran :)
    Selamat berkarya terus ya ka 🙋

    BalasHapus
  2. Semoga ada solusi terbaik untuk hutan kita, untuk lingkungan kita, dan selalu dilakukannya prosedur AMDAL demi kebaikan kita bersama serta generasi yang akan datang .... Amin.

    BalasHapus

recent posts

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Unggulan

Review

Pada bahan materi tentang lanskap hutan dan implikasinya pada penduduk lokal contoh kasus mengambil dari kehidupan orang rimba di wilayah ...

Blog Archive

Like us on Facebook

Label

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Label Cloud

Nabsaurus (1) Review (1)

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.